Saturday, May 19, 2012

FUNGSI MENU INSERT DI MICROSOFT OFFICE WORD




FUNGSI MENU INSERT DI MICROSOFT OFFICE WORD
Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas kelompok  mata kuliah  “ Menejemen Teknologi ”
Dosen Pembimbing : M. B. Fachrurozi, M.Si







Oleh :
Kelompok : 2
1. Andi Imran Paturusi  (11210096)
2. Fathun Bari    (11210121  )
3. ()
4. ()
JURUSAN AL- AKHWAL AL-SYAKHSHIYAH FAKULTAS SYARIAH
UNIVERSITAS ISLAM NEGRI  MAULANA MALIK IBRAHIM MALANG
2011
FUNGSI MENU INSERT DALAM MICROSOFT OFFICE WORD 2007

1. PAGE
a. Cover page
Cover page adalah menu untuk membuat cover yang contentnya sudah disediakan. Di dalamnya banyak pilihannya, tergantung selera kita pilih yang mana.
b. Blank page
Menu ini untuk menambahkan halaman baru yang masih kosong.
c. Page break
Menu ini untuk mengakhiri sebuah halamn, atau memulai pada halaman baru.

2. TABLE
a. Insert table  : Menu ini berguna untuk menyisipkan tabel kedalam dokumen, jika biasanya diMicrosoft Word 2003/XP kita bisa menjumpainya di Menu Table – Insert Table, tetapi di Microsoft Office Word 2007 kita bisa menjumpainya di Tab Menu Insert, kemudian pilih Simbol Table, seperti terlihat pada gambar berikut:



b. Excel,menu ini juga sama dengan menu sebelumnya, yaitu untuk memasukkan table. Perbedaannya yaitu dalam menu ini kita dapat menggunakan fungsi – fungsi yang ada pada officeexcel.
c. Quick table, dalam menu ini terdapat borderan table – table yang telah disediakan software Microsoft office.

3. ILLUSTRATION
a. Picture
Pokoknya semua sisipan gambar di Microsoft Word 2003/XP yang tadinya terangkum dalam Insert – Picture, sekarang di Microsoft Office Word 2007 di sejajarkan dengan tanda simbol gambar yang menunjukkan kegunaanya. Mari kita lihat secara seksama gambar dibawah ini:


Menu Picture diatas adalah sebagai ganti Menu Insert - Pictures – From Fileyang ada di Microsoft Word 2003/XP.

b. Clipart
Menu ClipArt sama fungsinya dengan yang ada di Microsoft Office 2003/XP, yaitu untuk menyisipkan gambar bawaan Microsoft Office yang biasanya berbentuk Kartun. Silahkan Coba klik ClipArt, maka akan muncul gambar seperti berikut:



Maka otomatis akan muncul jendela Taskpane disebelah kanan Layar monitor anda. Tinggal Klik GO untuk menampilkan semua gambar, kemudian pilih gambar untuk menyisipkan. Akan tampil gambar di lembar kerja anda, seperti terlihat gambar dibawah:



Jika anda klik gambar yang ada di lembar kerja anda, maka otomatis akan muncul Tab Menu baru di ujung paling Kanan disebelah Tab Menu View. Pada Contoh gambar diatas adalah Tab Menu Picure Tools – Format, yang berguna untuk melakukan pengaturan pada gambar.

c. Shapes
Menu SHAPES berguna untuk menyisipkan bermacam-macam Objek bangun/Ruang, untuk lebih jelaskan perhatikan saja gambar dibawah ini:





d. Chart
Menu Chart berguna untuk menyisipkan Grafik, tidak ada perubahan yang signifikan pada menu ini, hanya saja tampilan di Microsoft Office Word 2007 lebih mantap…..




4. LINKS
a. Hyperlink  : Hyperlink digunakan untuk menghubungkan teks atau teks terpilih dengan file lain. Bahkan, user bisa menautkan teks terpilih dengan bagian tertentu di situs web.
b. Bookmark : Bookmark digunakan untuk membuat penanda buku atau sebagai halaman favorit. Disini user diminta untuk melakukan setting terhadap file yang ingin dijadikan sebagai penanda buku atau halaman favorit dari teks atau objek terpilih.
c. Cross-reference : Cross-reference digunakan untuk membuat referensi atau rujukan antar file. Dengan fasilitas ini user dapat membuat rujukan ke footnote atau endnote tertentu di suatu halaman.

5. HEADER AND FOOTER
a. Header
Jika diperhatikan ke kiri dari Footer maka kita akan menjumpai pasanganya, yaitu menu Header yang berguna untuk Menyisipkan sesuatu di bagian Atas Dokumen lembar kerja anda.



b. Footer
Jika diperhatikan ke kiri dari Page Number maka anda akan menemukan menuFooter yang berguna untuk Menyisipkan sesuatu di bagian bawah Dokumen lembar Kerja anda.








c. Page Number
Jika anda melakukan perjalanan ke sebelah kiri lagi dari menu Text Box, maka anda akan menemukan Page Number yang berguna untuk menyisipkan Nomor Halaman.




6. TEXT
a. Text box
Jika anda kesamping kiri sedikit dari Menu WordArt maka anda akan menemukan Menu Text Box. Menu Text Box digunakan untuk menyisipkan text yang akan ditempatkan didalam box/kotak.



b. Quick Parts : merupakan menu yang menyediakan perintah-perintah, antara lain : (1) Autotext digunakan untuk mengatur teks otomatis, (2) Document Property untuk mengatur atribut dokumen [titel, tag, dll] (3) Field digunakan untuk menyisipkan Field atau judul tabel [dapat diset sebagai nomor otomatis sebagaimana di Access dan di Excel] (4) Building Blocks Organizer digunakan untuk mengatur seputar partikulasi Quick Parts (5) Save Selection to Quick Parts Gallery digunakan untuk menyimpan pemformatan dari teks terpilih ke dalam Quick parts Gallery.

c. Word Art

Menu WordArt berguna untuk menyisipkan Text berupa gambar, buat anda yang sudah biasa menggunakan di Microsoft Word 2003/XP mungkin tidak asing lagi, namun biasanya untuk menemukan dimana lokasi menu tersebut yang memakan waktu lama untuk mencarinya. Langsung saja masuk Tab Menu INSERT, di area sebelah kanan atas akan terlihat gambar seperti berikut:




d. Drop Cap
Jika kita tilik kebawah dari menu WordArt, maka kita bisa menjumpai Menu Drop Cap yang berguna untuk membuat karakter pertama menjadi huruf besar pada sebuah paragraf.

e. Signature line : Signature Line digunakan untuk menyisipkan anda tangan digital melalui layanan khusus yang disediakan Microsoft Corporation.

f. Date & time : Date & Time digunakan untuk menyisipkan tanggal dan waktu terkini sesuai dengan tanggal dan waktu yang berlaku dalam sistem. dengan ini user tidak perlu lagi mengutak-atik kalender atau bahkan membeli jam tangan hanya untuk membubuhkan tanggal dan waktu di surat undangan. Gunakan perintah ini untuk memasukkan waktu dan tanggal terkini di komputer.

g. Object :digunakan untuk menyisipkan objek embedded, berupa objek yang dapat dprogram sehingga dapat menjalankan script tertentu. Objek yang dapat disisipkan dari perintah ini harus berupa objek dengan ekstensi OLE atau Object Linked Embedded.

7. SYMBOL
a. Equation
Menu Equation digunakan untuk menyisipkan simbol-simbol Rumus, misalkan akar pangkat, dll. Menu tersebut bisa anda jumpai di pojok sebelah kanan atas dibawah tombol Close.



b. Symbol : digunakan untuk menyisipkan karakter khusus.

ingin uang cuma-cuma, clikck gambar di bawa..!!! :D


0 comments:

Post a Comment