HIKMAH
DISYARI’AHKANNYA SHALAT
1.
Ayat yang berhubungan dengan shalat
kata yang
berhubungan dengan “shalat” dalam al-qur’an terdapat lima bentuk. Di antaranya, المصلين lafadz ini disebutkan sebanyak tiga
kali, مصلَّى
satu kali, صلاة
sebelas, dan صلوات
enam, dan الصلاة
terdapat dalam 65 ayat. Jika dijumlah, maka ayat yang
berhubungan dengan kata shalat sebanyak 76 ayat[1]
2.
Fokus Ayat
اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ
الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ
وَالْمُنْكَرِ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ.
Artinya: Bacalah
apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah
shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari
(perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.
(perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.
2.1
Kata kunci dan
analisis makki madani.
Dari
ayat tersebut, diambil beberapa kata kunci yang mengarah pada tema di atas.
Kata – kata tersebut adalah:
a. أَقِمِ lafadz ini, dalam bentuk ini, yaitu sighat amar untuk mukhatab
mufrad dari lafadz أقام, dalam al – Qur’an disebutkan sebanyak tujuh
kali. Perhatikan table berikut.
No
|
Surat
|
Ayat
|
Madaniyah
|
Makkiyah
|
1
|
Hud
|
114
|
ü
|
|
2
|
al – Isra’
|
78
|
ü
|
|
3
|
Thaha
|
14
|
ü
|
|
4
|
al – ‘Ankabut
|
45
|
ü
|
|
5
|
al – Rum
|
30
|
ü
|
|
6
|
al – Rum
|
43
|
ü
|
|
7
|
Luqman
|
17
|
ü
|
b. الصَّلَاةَ
Ayat yang berhubungan dengan kata kunci, dalam al-qur’an terdapat
beberapa bentuk. Yaitu sebagai berikut:
1.
الصَّلَاةَ kata ini dalam al qur’an disebutkan dalam 65
ayat[2]. Lebih jelasnya perhatikan
table di bawah berikut Makki dan Madaninya ayat – ayat ini.
No
|
Surat
|
Ayat
|
Madaniyah
|
Makkiyah
|
1
|
al – Baqarah
|
3
|
ü
|
|
2
|
al – Baqarah
|
43
|
ü
|
|
3
|
al – Baqarah
|
45
|
ü
|
|
4
|
al – Baqarah
|
83
|
ü
|
|
5
|
al – Baqarah
|
110
|
ü
|
|
6
|
al – Baqarah
|
153
|
ü
|
|
7
|
al – Baqarah
|
177
|
ü
|
|
8
|
al – Baqarah
|
238
|
ü
|
|
9
|
al – Baqarah
|
277
|
ü
|
|
10
|
al – Nisa’
|
43
|
ü
|
|
11
|
al – Nisa’
|
77
|
ü
|
|
12
|
al – Nisa’
|
101
|
ü
|
|
13
|
al – Nisa’
|
102
|
ü
|
|
14
|
al – Nisa’
|
103x3
|
ü
|
|
15
|
al – Nisa’
|
142
|
ü
|
|
16
|
al – Nisa’
|
162
|
ü
|
|
17
|
al – Maidah
|
6
|
ü
|
|
18
|
al – Maidah
|
12
|
ü
|
|
19
|
al – Maidah
|
55
|
ü
|
|
20
|
al – Maidah
|
58
|
ü
|
|
21
|
al – Maidah
|
91
|
ü
|
|
22
|
al – Maidah
|
106
|
ü
|
|
23
|
al – An’am
|
72
|
ü
|
|
24
|
al – A’raf
|
170
|
ü
|
|
25
|
al – Anfal
|
3
|
ü
|
|
26
|
al – Taubah
|
5
|
ü
|
|
27
|
al – Taubah
|
11
|
ü
|
|
28
|
al – Taubah
|
18
|
ü
|
|
29
|
al – Taubah
|
54
|
ü
|
|
30
|
al – Taubah
|
71
|
ü
|
|
31
|
Yunus
|
87
|
ü
|
|
32
|
Hud
|
114
|
ü
|
|
33
|
al – Ra’d
|
22
|
ü
|
|
34
|
Ibrahim
|
31
|
ü
|
|
35
|
Ibrahim
|
37
|
ü
|
|
36
|
Ibrahim
|
40
|
ü
|
|
37
|
al – Isra’
|
78
|
ü
|
|
38
|
Maryam
|
31
|
ü
|
|
39
|
Maryam
|
55
|
ü
|
|
40
|
Maryam
|
59
|
ü
|
|
41
|
طه
|
14
|
ü
|
|
42
|
طه
|
132
|
ü
|
|
43
|
al – Anbiya’
|
73
|
ü
|
|
44
|
al – Haj
|
35
|
ü
|
|
45
|
al – Haj
|
41
|
ü
|
|
46
|
al – Haj
|
78
|
ü
|
|
47
|
al – Nur
|
37
|
ü
|
|
48
|
al – Nur
|
56
|
ü
|
|
49
|
al – Nur
|
58x2
|
ü
|
|
52
|
al – Naml
|
3
|
ü
|
|
53
|
al – Ankabut
|
45x2
|
ü
|
|
54
|
al – Rum
|
31
|
ü
|
|
55
|
Luqman
|
4
|
ü
|
|
56
|
Luqman
|
17
|
ü
|
|
57
|
al – Ahzab
|
33
|
ü
|
|
58
|
Faathir
|
18
|
ü
|
|
59
|
Faathir
|
29
|
ü
|
|
60
|
al – Syuraa
|
38
|
ü
|
|
61
|
al – Mujadalah
|
13
|
ü
|
|
62
|
al - Jum’ah
|
9
|
ü
|
|
63
|
al - Jum’ah
|
10
|
ü
|
|
64
|
al – Muzzammil
|
20
|
ü
|
|
65
|
al – Bayyinah
|
5
|
ü
|
No
|
Surat
|
Ayat
|
Madaniyah
|
Makkiyah
|
1
|
al - An’am
|
92
|
ü
|
|
2
|
al - An’am
|
162
|
ü
|
|
3
|
al – Anfal
|
35
|
ü
|
|
4
|
al – Taubah
|
103
|
ü
|
|
5
|
Hud
|
87
|
ü
|
|
6
|
al – Isra’
|
110
|
ü
|
|
7
|
al – Nur
|
41
|
ü
|
|
8
|
al – Mu’minun
|
2
|
ü
|
|
9
|
al – Ma’arij
|
23
|
ü
|
|
10
|
al – Ma’arij
|
34
|
ü
|
|
11
|
al – Ma’un
|
5
|
ü
|
No
|
Surat
|
Ayat
|
Madaniyah
|
Makkiyah
|
1
|
al – Baqarah
|
158
|
ü
|
|
2
|
al – Baqarah
|
238
|
ü
|
|
3
|
al
– Taubah
|
99
|
ü
|
|
4
|
al – Haj
|
40
|
ü
|
|
5
|
al – Mu’minun
|
9
|
ü
|
4.
المصلين lafadz ini dalam
al Qur’an disebutkan tiga kali kali, yaitu dalam QS. al – Ma’ari:22, QS. al –
Muddatstsir:43 dua ayat ini merupakan ayat makkiyah, sedangkan yang satunya
merupakan ayat madaniyah, yaitu QS. al - Ma’un:4.[5]
5.
مصلى lafadz ini dalam al Qur’an
disebutkan satu kali, yaitu dalam QS. al Baqarah:125. Ayat ini merupakan ayat
Madaniyah.[6]
c. تَنْهَى
Ayat yang berhubungan dengan kata kunci, dalam al-qur’an terdapat
beberapa bentuk. Yaitu sebagai berikut:
1. نهى lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan empat kali, yaitu dalam QS. al – A’raf:20
dan QS. al – Naziat:40. Kedua ayat ini merupakan ayat Makkiyah. Juga dalam QS.
al – Haj:41 dan QS al – Hasyr:7. Kedua ayat ini
merupakan ayat Madaniyah.[7]
2. أنهى lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan dua kali, yaitu dalam QS. al –
A’raf:22 dan QS. Hud:88. Kedua ayat ini merupakan ayat Makkiyah.[8]
3. ثنهى lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan tiga kali, yaitu dalam QS. al –
‘Imran:110. Satu ayat ini merupakan ayat Madaniyah, sedangkan dua yang lainnya
merupakan ayat Makkiyah, yaitu QS. Hud:62 dan QS. al – ‘Ankabut:45.[9]
4. ننهى lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan satu kali, yaitu dalam QS. al –
Hijr:70. Ayat ini merupakan ayat Makkiyah.[10]
No
|
Surat
|
Ayat
|
Madaniyah
|
Makkiyah
|
1
|
al – Nahl
|
90
|
ü
|
|
2
|
al – ‘Alaq
|
9
|
ü
|
|
3
|
al – Mumtahanah
|
8
|
ü
|
|
4
|
al – Mumtahanah
|
9
|
ü
|
|
5
|
al – Maidah
|
63
|
ü
|
|
6
|
al – A’raf
|
157
|
ü
|
|
7
|
al – ‘Imran
|
104
|
ü
|
|
8
|
al – ‘Imran
|
114
|
ü
|
|
9
|
al – An’am
|
26
|
ü
|
|
10
|
al – A’raf
|
165
|
ü
|
|
11
|
al – Taubah
|
67
|
ü
|
|
12
|
al – Taubah
|
71
|
ü
|
|
13
|
Hud
|
116
|
ü
|
6. وانه lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan satu kali, yaitu dalam QS. Luqman:17.
Ayat ini merupakan ayat Makkiyah.[12]
No
|
Surat
|
Ayat
|
Madaniyah
|
Makkiyah
|
1
|
al – Nisa’
|
161
|
ü
|
|
2
|
al – An’am
|
28
|
ü
|
|
3
|
al – A’raf
|
166
|
ü
|
|
4
|
al – Mujadalah
|
8x2
|
ü
|
8. نهيث lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan dua
kali, yaitu dalam QS. al – An’am:56, dan QS. Ghafir:66. Kedua ayat ini
merupakan ayat Makkiyah.[14]
9. ثنهون lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan satu kali, yaitu dalam QS. Al –
Nisa’:31. Ayat ini merupakan ayat Madaniyah.[15]
d. الْفَحْشَاءِ
Ayat yang berhubungan dengan kata kunci, dalam al-qur’an terdapat
beberapa bentuk. Yaitu sebagai berikut:
1.
الفحشاء lafadz
ini dalam al Qur’an disebutkan tujuh kali. Perhatikan table berikut.
No
|
Surat
|
Ayat
|
Madaniyah
|
Makkiyah
|
1
|
al – Baqarah
|
169
|
ü
|
|
2
|
al – Baqarah
|
268
|
ü
|
|
3
|
al – A’raf
|
28
|
ü
|
|
4
|
Yufus
|
24
|
ü
|
|
5
|
al – Nahl
|
90
|
ü
|
|
6
|
al – Nur
|
21
|
ü
|
|
7
|
al – ‘Ankabut
|
45
|
ü
|
2. فاحشة lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan
tiga belas kali. Perhatikan table berikut.
No
|
Surat
|
Ayat
|
Madaniyah
|
Makkiyah
|
1
|
al – ‘Imran
|
135
|
ü
|
|
2
|
al – Nisa’
|
15
|
ü
|
|
3
|
al – Nisa’
|
19
|
ü
|
|
4
|
al – Nisa’
|
22
|
ü
|
|
5
|
al – Nisa’
|
25
|
ü
|
|
6
|
al – A’raf
|
28
|
ü
|
|
7
|
al – A’raf
|
80
|
ü
|
|
8
|
al – Isra’
|
32
|
ü
|
|
9
|
al – Nur
|
19
|
ü
|
|
10
|
al – Naml
|
54
|
ü
|
|
11
|
al – ‘Ankabut
|
28
|
ü
|
|
12
|
al – Ahzab
|
30
|
ü
|
|
13
|
al – Thalaq
|
1
|
3. الفواحش lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan empat kali. Yaitu dalam QS. Al – An’am:151
dan QS. al – Najm:32. Kedua ayat ini merupakan ayat Madaniyah. Dalam QS. al –
A’raf:33 dan al – Syura:37. Kedua ayat ini merupakan ayat Makkiyah.
e. المنكر
Ayat yang berhubungan dengan kata kunci,
dalam al-qur’an terdapat beberapa bentuk. Yaitu sebagai berikut:
4.
ثنكرون lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan satu kali, yaitu dalam
QS. Ghafir:81. Ayat ini merupakan ayat Makkiyah
5.
ينكر lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan
dua kali, yaitu dalam QS. al – Ra’d:13. Ayat ini Madaniyah, dan QS. al Nahl:83
yang ke-2 ini merupakan ayat makkiyah.
6.
أنكر lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan
satu kali, yaitu dalam QS. Luqman:31. Ayat ini merupakan ayat Makkiyah
7.
منكرون lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan
tiga kali, yaitu dalam QS. Yusuf:58, QS. al – Anbiya’:50, dan QS. al – Mu’minun:69
Semua Ayat itu merupakan ayat Makkiyah.
8.
منكرة lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan
satu kali, yaitu dalam QS. al – Nahl:22 dan merupakan ayat Makkiyah.
9.
المنكر lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan
enam belas kali. Perhatikan table berikut:
No
|
Surat
|
Ayat
|
Madaniyah
|
Makkiyah
|
1
|
al – Imran
|
104
|
ü
|
|
2
|
al – Imran
|
110
|
ü
|
|
3
|
al – Imran
|
114
|
ü
|
|
4
|
al – Maidah
|
79
|
ü
|
|
5
|
al – A’raf
|
157
|
ü
|
|
6
|
al – Taubah
|
67
|
ü
|
|
7
|
al – Taubah
|
71
|
ü
|
|
8
|
al – Taubah
|
112
|
ü
|
|
9
|
al – Nahl
|
90
|
ü
|
|
10
|
al – Haj
|
41
|
ü
|
|
11
|
al – Haj
|
72
|
ü
|
|
12
|
al – Nur
|
21
|
ü
|
|
13
|
al – ‘Ankabut
|
29
|
ü
|
|
14
|
al – ‘Ankabut
|
45
|
ü
|
|
15
|
Luqman
|
17
|
ü
|
10.
منكرا lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan satu kali, yaitu dalam
QS. al – Mujadalah:2, ayat ini merupakan ayat madaniyah.
11.
منكرون lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan
dua kali, yaitu dalam QS. al – Hijr:62, QS. al – Dzariyat:25 dua ayat ini
merupakan ayat makkiyah.
2.2
Analisis Asbabun Nuzul
Dari kitabالصحيح المسند من أسباب النزو, dan أسباب نزول القرآن, QS. al – ‘Ankabut tidak terdapat di dalamnya, oleh karena itu
tidak ada sebab – sebab/konteks sejarah dalam turunnya ayat ini.
2.3
Analisis Qira’ah
a.
I’rab Ayat
«اتْلُ» أمر
مبني على حذف حرف العلة والفاعل مستتر «ما» مفعول به والجملة مستأنفة «أُوحِيَ»
ماض مبني للمجهول ونائب الفاعل مستتر «إِلَيْكَ» متعلقان بالفعل والجملة صلة لا
محل لها «مِنَ الْكِتابِ» متعلقان بالفعل أيضا «وَأَقِمِ الصَّلاةَ» معطوفة على
اتل.. «إِنَّ الصَّلاةَ» إن واسمها «تَنْهى» مضارع فاعله مستتر والجملة خبر إن
والجملة الاسمية تعليل «عَنِ الْفَحْشاءِ» متعلقان بالفعل «وَالْمُنْكَرِ» معطوف
على الفحشاء «وَلَذِكْرُ» الواو حالية واللام لام الابتداء وذكر مبتدأ مضاف
«اللَّهِ» لفظ الجلالة مضاف إليه «أَكْبَرُ» خبر والجملة حال. «وَاللَّهُ» الواو
حرف استئناف ولفظ الجلالة مبتدأ «يَعْلَمُ» مضارع فاعله مستتر «ما» مفعول به
والجملة الفعلية خبر المبتدأ، والجملة الاسمية مستأنفة «تَصْنَعُونَ» مضارع مرفوع
والواو فاعله والجملة صلة.
2.4
Analisis Munasabah
2.5
Analisis Konteks
[1]
Muhamad Fuad ‘Abd al-Baqi, al-Mu’jam al-Mufahras li Alfadh al-Qur’an al-Karim (Beirut: Dar al-Fikr, 1992), hlm. 524 - 525
[2]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 524 - 525
[3]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 525
[4]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 525
[5]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 525
[6]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 525
[7]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 891
[8]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 891
[9]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 891
[10]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 891
[11]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 891
[12]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 892
[13]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 892
[14]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 892
[15]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 892
0 comments:
Post a Comment