HIKMAH
DISYARI’AHKANNYA SHALAT
1.
Pendahuluan
a.
Latar Belakang
Dalam dunia
akademisi, kita dituntut selalu kritis dalam menghadapi masalah apapun.
Termasuk didalamnya masalah agama. Dalam masalah agama ini, kita sebagai manusia
biasa tidak bisa mengkritisi atau meggali lebih dalam lagi pengetahuan
tentangnya tanpa perantara Nabi atau Rasul, kita tidak bisa mencari
‘illat-‘illat hokum yang tidak dijelaskan dalam teks al-Qur’an maupun
al-Sunnah. Di dalam agama kita tidak tahu mengapa itu diwajibkan dan mengapa
itu dilarang. Kita hanya mengimani dan mengamalkanya tanpa mengkritisi atau
tanpa tahu mengapa hokum harus seperti itu. Akan tetapi, tidak mungkin suatu
hokum ada tanpa tujuan hikmah yang tersembunyi di balik hokum itu.
Salah satu dari
hokum itu adalah shalat. Shalat pada zaman akhir-akhir ini banyak diabaikan dan
dilalaikan oleh ummat ini, padahal shalat adalah sebagian dari agama ini. Oleh
karena itu Dalam makalah ini kami mengambil tema hikmah disyri’ahkannya shalat.
b. Tujuan
Tujuan dari makalah ini adalah
mencari hikmah shalat untuk menambah semangat dalam menegakkan agama ini dengan
semangat mendiri salah satu tiangnya, yaitu shalat.
2.
Ayat yang berhubungan dengan shalat
kata yang berhubungan dengan “shalat”
dalam al-qur’an
terdapat lima bentuk. Di antaranya, المصلين lafadz ini disebutkan sebanyak tiga
kali, مصلَّى
satu kali, صلاة
sebelas, dan صلوات
enam, dan الصلاة
terdapat dalam 65 ayat. Jika dijumlah,
maka ayat yang berhubungan dengan kata shalat sebanyak 76
ayat[1].
3.
Fokus
Ayat
Dari
beberapa ayat yang berhuubungan dengan shalat, ada salah satu ayat yang
berhubungan dengan hikmah shalat, yaitu QS. al-Ruum:45 bunyinya sebagaimana
berikut:
اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ
مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ
وَالْمُنْكَرِ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ.
Artinya: Bacalah apa
yang telah diwahyukan kepadamu,
yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu
mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya
mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat
yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.
4.
Kata
kunci dan analisis makki madani.
Dari
ayat tersebut, diambil beberapa kata kunci yang mengarah pada tema di atas. Kata
– kata tersebut adalah:
a.
أَقِمِ lafadz
ini, dalam bentuk ini, yaitu sighat amar untuk mukhatab mufrad
dari lafadz أقام, dalam al – Qur’an disebutkan sebanyak tujuh kali. Perhatikan
table berikut.
No
|
Surat
|
Ayat
|
Madaniyah
|
Makkiyah
|
1
|
Hud
|
114
|
ü
|
|
2
|
al – Isra’
|
78
|
ü
|
|
3
|
Thaha
|
14
|
ü
|
|
4
|
al – ‘Ankabut
|
45
|
ü
|
|
5
|
al – Rum
|
30
|
ü
|
|
6
|
al – Rum
|
43
|
ü
|
|
7
|
Luqman
|
17
|
ü
|
Dari beberapa data di atas semua
lafadz أَقِمِ bermakna dirikanlah yaitu yang
berhubungan dengan shalat, kecuali pada QS. al-Ruum, pada surat ini lafadz أَقِمِ
bermakna “hadapkanlah”, dalam dua ayat tersebut lafadz أَقِمِ berkaitan
dengan lafadz وجه.
Selain itu, setiap perintah shalat dalam al-Qura’n selalu menggunakan
lafadz أَقِم,ِ tidak menggunakan fi’il ‘amar dari lafadz lain seprti if’al
atau i’mal, hal ini menunjukkan adanya hubungan dengan hadits yang
menyatakan bahwa shalat adalah salah satu tiang agama, yang mana jika salah
satu tiangnya tidak didirikan maka, agama itu akan roboh.
b. الصَّلَاةَ
Ayat yang berhubungan
dengan kata kunci, dalam al-qur’an terdapat beberapa bentuk. Yaitu sebagai
berikut:
1. الصَّلَاةَ kata
ini dalam al qur’an disebutkan dalam 65 ayat[2]. Lebih jelasnya perhatikan
table di bawah berikut Makki dan Madaninya ayat – ayat ini.
No
|
Surat
|
Ayat
|
Madaniyah
|
Makkiyah
|
1
|
al – Baqarah
|
3
|
ü
|
|
2
|
al – Baqarah
|
43
|
ü
|
|
3
|
al – Baqarah
|
45
|
ü
|
|
4
|
al – Baqarah
|
83
|
ü
|
|
5
|
al – Baqarah
|
110
|
ü
|
|
6
|
al – Baqarah
|
153
|
ü
|
|
7
|
al – Baqarah
|
177
|
ü
|
|
8
|
al – Baqarah
|
238
|
ü
|
|
9
|
al – Baqarah
|
277
|
ü
|
|
10
|
al – Nisa’
|
43
|
ü
|
|
11
|
al – Nisa’
|
77
|
ü
|
|
12
|
al – Nisa’
|
101
|
ü
|
|
13
|
al – Nisa’
|
102
|
ü
|
|
14
|
al – Nisa’
|
103x3
|
ü
|
|
15
|
al – Nisa’
|
142
|
ü
|
|
16
|
al – Nisa’
|
162
|
ü
|
|
17
|
al – Maidah
|
6
|
ü
|
|
18
|
al – Maidah
|
12
|
ü
|
|
19
|
al – Maidah
|
55
|
ü
|
|
20
|
al – Maidah
|
58
|
ü
|
|
21
|
al – Maidah
|
91
|
ü
|
|
22
|
al – Maidah
|
106
|
ü
|
|
23
|
al – An’am
|
72
|
ü
|
|
24
|
al – A’raf
|
170
|
ü
|
|
25
|
al – Anfal
|
3
|
ü
|
|
26
|
al – Taubah
|
5
|
ü
|
|
27
|
al – Taubah
|
11
|
ü
|
|
28
|
al – Taubah
|
18
|
ü
|
|
29
|
al – Taubah
|
54
|
ü
|
|
30
|
al – Taubah
|
71
|
ü
|
|
31
|
Yunus
|
87
|
ü
|
|
32
|
Hud
|
114
|
ü
|
|
33
|
al – Ra’d
|
22
|
ü
|
|
34
|
Ibrahim
|
31
|
ü
|
|
35
|
Ibrahim
|
37
|
ü
|
|
36
|
Ibrahim
|
40
|
ü
|
|
37
|
al – Isra’
|
78
|
ü
|
|
38
|
Maryam
|
31
|
ü
|
|
39
|
Maryam
|
55
|
ü
|
|
40
|
Maryam
|
59
|
ü
|
|
41
|
طه
|
14
|
ü
|
|
42
|
طه
|
132
|
ü
|
|
43
|
al – Anbiya’
|
73
|
ü
|
|
44
|
al – Haj
|
35
|
ü
|
|
45
|
al – Haj
|
41
|
ü
|
|
46
|
al – Haj
|
78
|
ü
|
|
47
|
al – Nur
|
37
|
ü
|
|
48
|
al – Nur
|
56
|
ü
|
|
49
|
al – Nur
|
58x2
|
ü
|
|
52
|
al – Naml
|
3
|
ü
|
|
53
|
al – Ankabut
|
45x2
|
ü
|
|
54
|
al – Rum
|
31
|
ü
|
|
55
|
Luqman
|
4
|
ü
|
|
56
|
Luqman
|
17
|
ü
|
|
57
|
al – Ahzab
|
33
|
ü
|
|
58
|
Faathir
|
18
|
ü
|
|
59
|
Faathir
|
29
|
ü
|
|
60
|
al – Syuraa
|
38
|
ü
|
|
61
|
al – Mujadalah
|
13
|
ü
|
|
62
|
al - Jum’ah
|
9
|
ü
|
|
63
|
al - Jum’ah
|
10
|
ü
|
|
64
|
al – Muzzammil
|
20
|
ü
|
|
65
|
al – Bayyinah
|
5
|
ü
|
No
|
Surat
|
Ayat
|
Madaniyah
|
Makkiyah
|
1
|
al - An’am
|
92
|
ü
|
|
2
|
al - An’am
|
162
|
ü
|
|
3
|
al – Anfal
|
35
|
ü
|
|
4
|
al – Taubah
|
103
|
ü
|
|
5
|
Hud
|
87
|
ü
|
|
6
|
al – Isra’
|
110
|
ü
|
|
7
|
al – Nur
|
41
|
ü
|
|
8
|
al – Mu’minun
|
2
|
ü
|
|
9
|
al – Ma’arij
|
23
|
ü
|
|
10
|
al – Ma’arij
|
34
|
ü
|
|
11
|
al – Ma’un
|
5
|
ü
|
No
|
Surat
|
Ayat
|
Madaniyah
|
Makkiyah
|
1
|
al – Baqarah
|
158
|
ü
|
|
2
|
al – Baqarah
|
238
|
ü
|
|
3
|
al – Taubah
|
99
|
ü
|
|
4
|
al – Haj
|
40
|
ü
|
|
5
|
al – Mu’minun
|
9
|
ü
|
4.
المصلين lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan tiga kali kali, yaitu
dalam QS. al – Ma’ari:22, QS. al – Muddatstsir:43 dua ayat ini merupakan ayat
makkiyah, sedangkan yang satunya merupakan ayat madaniyah, yaitu QS. al -
Ma’un:4.[5]
5.
مصلى
lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan satu kali, yaitu dalam QS. al Baqarah:125.
Ayat ini merupakan ayat Madaniyah.[6]
Secara
kesuluruhan, tidak ada perbedaan yang mencolok tentang makna shalat pada setiap
ayat yang ada di atas, yaitu ‘ibadah yang lumrah kita lakukan stiap hari.
Selain itu juga ada yang bema’na bershalawat.
Dari beberapa
ayat tersebut, ada salah satu yang menarik, yaitu pada QS. al-‘Ankabuut:45.
Dalam tafsir al-Thabaary diterangkan bahwa para ahli ta’wil berbeda penadapat
tentang makna shalat yang ada pada ayat tersebut.
Dari beberapa
perbedaan tersebut ada yang mengatakan bahwa shalat yang dimaksud adalah Qur’an
yang dibaca ketika shalat. juga ada sebuah hadits yang menerangkan tentang itu,
sebagai mana di bawah ini.
قال علي: وحدثنا إسماعيل بن مسلم، عن الحسن، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "من صلى صلاة لم تنهه عن الفحشاء والمنكر لم يزدد بها من الله إلا بعدا"
قال علي: وحدثنا إسماعيل بن مسلم، عن الحسن، قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: "من صلى صلاة لم تنهه عن الفحشاء والمنكر لم يزدد بها من الله إلا بعدا"
Al Maroghi
sangat tegas mengingatkan : Sesungguhnya Allah telah memerintah kita untuk
menegakkan sholat, yaitu dengan mendatanginya secara sempurna, yang memberikan
hasil setelah sholat itu pelakunya adalah mencegah perbuatan keji dan mungkar,
baik mungkar yang nampak maupun yang tersembunyi sebagaimana firman Allah
tersebut di atas. Maka jika pengaruh itu tidak ada dalam jiwanya, sesunggunya
sholat yang ia lakukan itu hanyalah bentuk gerakan dan ucapan-ucapan yang
kosong dari ruh ibadah, yang justru menghilangkan ketinggian dan kesempurnaan
arti sholat. Allah telah mengancam terhadap pelaku sholat dengan kecelakaan dan
kehinaan. Fawailun
li al-musholliin al-ladziina hum fii sholaatihim
saahuun, artinya Maka kecelakaanlah bagi
orang-orang yang shalat, yaitu orang-orang yang lalai dari shalatnya.
Dari
beberapa keterangan di atas dapat kita pahami bahwa shalat yang dmaksud adalah shalat yang
benar-benar shalat, yaitu semua syarat dan rukunnya tidak ada yang salah, baik
yang dzahir maupun yang bathin. Jika kita telah melaksanakan shalat, akan tetapi masih
tetap berbuat fahsya’ dan munkar, maka ada kemungkinan bahwa shalat kita
hanyalah sebuah gerakan dan bacaan saja yang kosong. Oleh karena itu shalat
kita hanyalah sebagai penggugur kewajiban kita saja tanpa ada pengaruh positif
pada diri kita.
c. تَنْهَى
Ayat yang berhubungan dengan kata kunci, dalam al-qur’an terdapat beberapa
bentuk. Yaitu sebagai berikut:
1. نهى lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan empat kali, yaitu
dalam QS. al – A’raf:20 dan QS. al – Naziat:40. Kedua ayat ini merupakan ayat
Makkiyah. Juga dalam QS. al – Haj:41 dan QS al –
Hasyr:7. Kedua ayat ini merupakan ayat Madaniyah.[7]
2. أنهى lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan dua kali, yaitu
dalam QS. al – A’raf:22 dan QS. Hud:88. Kedua ayat ini merupakan ayat Makkiyah.[8]
3. ثنهى lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan tiga kali, yaitu
dalam QS. al – ‘Imran:110. Satu ayat ini merupakan ayat Madaniyah, sedangkan
dua yang lainnya merupakan ayat Makkiyah, yaitu QS. Hud:62 dan QS. al –
‘Ankabut:45.[9]
4. ننهى lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan satu kali, yaitu
dalam QS. al – Hijr:70. Ayat ini merupakan ayat Makkiyah.[10]
No
|
Surat
|
Ayat
|
Madaniyah
|
Makkiyah
|
1
|
al – Nahl
|
90
|
ü
|
|
2
|
al – ‘Alaq
|
9
|
ü
|
|
3
|
al – Mumtahanah
|
8
|
ü
|
|
4
|
al – Mumtahanah
|
9
|
ü
|
|
5
|
al – Maidah
|
63
|
ü
|
|
6
|
al – A’raf
|
157
|
ü
|
|
7
|
al – ‘Imran
|
104
|
ü
|
|
8
|
al – ‘Imran
|
114
|
ü
|
|
9
|
al – An’am
|
26
|
ü
|
|
10
|
al – A’raf
|
165
|
ü
|
|
11
|
al – Taubah
|
67
|
ü
|
|
12
|
al – Taubah
|
71
|
ü
|
|
13
|
Hud
|
116
|
ü
|
6. وانه lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan satu kali, yaitu
dalam QS. Luqman:17. Ayat ini merupakan ayat Makkiyah.[12]
No
|
Surat
|
Ayat
|
Madaniyah
|
Makkiyah
|
1
|
al – Nisa’
|
161
|
ü
|
|
2
|
al – An’am
|
28
|
ü
|
|
3
|
al – A’raf
|
166
|
ü
|
|
4
|
al – Mujadalah
|
8x2
|
ü
|
8. نهيث lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan dua kali, yaitu dalam QS. al – An’am:56, dan QS.
Ghafir:66. Kedua ayat ini merupakan ayat Makkiyah.[14]
9. ثنهون lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan satu kali, yaitu
dalam QS. Al – Nisa’:31. Ayat ini merupakan ayat Madaniyah.[15]
d. الْفَحْشَاءِ
Ayat yang berhubungan dengan kata kunci, dalam al-qur’an terdapat
beberapa bentuk. Yaitu sebagai berikut:
1. الفحشاء lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan
tujuh kali. Perhatikan table berikut.
No
|
Surat
|
Ayat
|
Madaniyah
|
Makkiyah
|
1
|
al – Baqarah
|
169
|
ü
|
|
2
|
al – Baqarah
|
268
|
ü
|
|
3
|
al – A’raf
|
28
|
ü
|
|
4
|
Yufus
|
24
|
ü
|
|
5
|
al – Nahl
|
90
|
ü
|
|
6
|
al – Nur
|
21
|
ü
|
|
7
|
al – ‘Ankabut
|
45
|
ü
|
2. فاحشة lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan
tiga belas kali. Perhatikan table berikut.
No
|
Surat
|
Ayat
|
Madaniyah
|
Makkiyah
|
1
|
al – ‘Imran
|
135
|
ü
|
|
2
|
al – Nisa’
|
15
|
ü
|
|
3
|
al – Nisa’
|
19
|
ü
|
|
4
|
al – Nisa’
|
22
|
ü
|
|
5
|
al – Nisa’
|
25
|
ü
|
|
6
|
al – A’raf
|
28
|
ü
|
|
7
|
al – A’raf
|
80
|
ü
|
|
8
|
al – Isra’
|
32
|
ü
|
|
9
|
al – Nur
|
19
|
ü
|
|
10
|
al – Naml
|
54
|
ü
|
|
11
|
al – ‘Ankabut
|
28
|
ü
|
|
12
|
al – Ahzab
|
30
|
ü
|
|
13
|
al – Thalaq
|
1
|
3. الفواحش lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan empat kali. Yaitu
dalam QS. Al – An’am:151 dan QS. al – Najm:32.
Kedua ayat ini merupakan ayat Madaniyah. Dalam QS. al – A’raf:33 dan al –
Syura:37. Kedua ayat ini merupakan ayat Makkiyah.
Secara umum,
arti kata fahisyah adalah perbuatan yang keji. Dalam salah satu ayat ada yang
menceritakan bahwa perbuatan itu adalah perbuatan turun menurun yang dilakukan
nenek moyang sebelumnya yaitu pada QS. al-A’raf:28.
e. المنكر
Ayat yang berhubungan
dengan kata kunci, dalam al-qur’an terdapat beberapa bentuk. Yaitu sebagai
berikut:
1. ثنكرون lafadz ini dalam
al Qur’an disebutkan satu kali, yaitu dalam QS. Ghafir:81. Ayat ini merupakan
ayat Makkiyah
2. ينكر lafadz
ini dalam al Qur’an disebutkan dua kali, yaitu dalam QS. al – Ra’d:13. Ayat ini
Madaniyah, dan QS. al Nahl:83 yang ke-2 ini merupakan ayat makkiyah.
3. أنكر lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan
satu kali, yaitu dalam QS. Luqman:31. Ayat ini merupakan ayat Makkiyah
4. منكرون lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan
tiga kali, yaitu dalam QS. Yusuf:58, QS. al – Anbiya’:50, dan QS. al – Mu’minun:69
Semua Ayat itu merupakan ayat Makkiyah.
5. منكرة lafadz ini dalam al Qur’an disebutkan
satu kali, yaitu dalam QS. al – Nahl:22 dan merupakan ayat Makkiyah.
6. المنكر lafadz
ini dalam al Qur’an disebutkan enam belas kali. Perhatikan table berikut:
No
|
Surat
|
Ayat
|
Madaniyah
|
Makkiyah
|
1
|
al – Imran
|
104
|
ü
|
|
2
|
al – Imran
|
110
|
ü
|
|
3
|
al – Imran
|
114
|
ü
|
|
4
|
al – Maidah
|
79
|
ü
|
|
5
|
al – A’raf
|
157
|
ü
|
|
6
|
al – Taubah
|
67
|
ü
|
|
7
|
al – Taubah
|
71
|
ü
|
|
8
|
al – Taubah
|
112
|
ü
|
|
9
|
al – Nahl
|
90
|
ü
|
|
10
|
al – Haj
|
41
|
ü
|
|
11
|
al – Haj
|
72
|
ü
|
|
12
|
al – Nur
|
21
|
ü
|
|
13
|
al – ‘Ankabut
|
29
|
ü
|
|
14
|
al – ‘Ankabut
|
45
|
ü
|
|
15
|
Luqman
|
17
|
ü
|
7. منكرا lafadz ini dalam
al Qur’an disebutkan satu kali, yaitu dalam
QS. al – Mujadalah:2, ayat ini merupakan ayat madaniyah.
8. منكرون lafadz
ini dalam al Qur’an disebutkan dua kali, yaitu
dalam QS. al – Hijr:62, QS. al – Dzariyat:25 dua ayat ini merupakan ayat
makkiyah.
Dari babarapa
ayat, salah satunya adalah QS. al-‘Imran:104,
menunjukkan bahwa kata منكر
adalah lawan kata dari معروف.
Ma’ruf sendiri dapat diartikan sebagai segala perbuatan yang dapat
mendekatkan diri pada Allah. Dari sini kita dapat mengartikan kata Munkar sebagai
segala perbuatan yang menjauhkan diri dari Allah.
5.
Analisis Asbabun
Nuzul
Secara al-Riwayah, dari kitabالصحيح
المسند من أسباب النزو, dan أسباب نزول القرآن, QS. al – ‘Ankabut:45 tidak terdapat di dalamnya, oleh karena
itu tidak ada sebab – sebab/konteks secara riwayah dalam turunnya ayat ini. Namun secara dirayah, kita tahu bahwa ayat ini adalah ayat makkiyah. Oleh karena itu, kita bisa melihat
konterks ayat ini dengan melihat sejarah masyarakat mekkah. Dari sejarah tersebut kita
dapat mengetahui apa saja perbuatan fahsya’ dan munkar tersebut.
Kehidupan masyarakat mekkah sebelum masuknya
islam dikenal dengan zaman jahiliyah. Dalam zaman jahiliayah inilah akan banyak
kita temukan perbuatan-perbuatan fahsya’ dan munkar.
Sebelum islam datang, masyarakat mekkah
memiliki kebiasaan-kebiasaan yang sangat buruk. Mereka suka berjudi, meminum
minuman keras, menyembah barhala, dan lain sebagainya. Pekerjaan-pekerjaan
tersebut dilakukan bersama-sama. Tak jarang dari mereka yang suka merampok,
sehingga sering terjadi perkelahian antar suku.
Cara makan dan minum mereka masih sangat
buruk. Mereka biasa memakan daging dari hewan yang sudah mati atau bangkai.
Selain itu, di antara mereka ada suku yang mempunyai moral yang sangat buruk,
yaitu mengubur anak perempuan hidup-hidup. Mereka menganggap anak perempuan
tidak berguna dan hanya menyusahkan orang tua. Oleh karena itu mereka merasa
malu apabila memiliki anak perempuan.
Dari sejarah masyarakat mekkah tersebut kita
mengetahui apa yang dimaksud dengan fahsyi dan munkar. Jadi di
antara perbuatan fahsya’ dan munkar itu adalah:
1. Berjudi;
2. Meminum minuman keras;
3. Menyembah barhala;
4. Merampok;
5. Memakan bangkai;
6. Mengubur anak perempuan hidup-hidup
1. Berjudi;
2. Meminum minuman keras;
3. Menyembah barhala;
4. Merampok;
5. Memakan bangkai;
6. Mengubur anak perempuan hidup-hidup
Tentunya masih ada lagi perbuatan-perbuatn
kedalam katagori fahsya’ dan munkar yang ada pada masyarakat
jahiliyah dulu. Namun dari beberapa referensi kami, hanya itu yang dapat kami
temukan.
6.
Analisis Qira’ah
Dalam fokus ayat ini terdapa lima kalimat
sempurna, yaitu;
1. اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ
2. وَأَقِمِ الصَّلَاةَ
3. إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ والمنكر
4. وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ
5. وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ
1. اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ
2. وَأَقِمِ الصَّلَاةَ
3. إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ والمنكر
4. وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ
5. وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ
Dari lima kalimat tersebut dua diantaranya
adalah susunan fi’liyah yang berupa fi’il amar, dan tiga lainnya berupa susunan
ismiyah. Dari kalimat yang nomer tiga, di situ terdiri dari susunan ismiyah
yang kemasukan salah satu ‘amil nawasikh yang berupa inna, yang
mana dalam ilmu nahwu diterangkan bahwa inna tersebut memiliki
faidah/makna ta’kid, yaitu sebuah penekanan supaya informasi tersebut
tidak diragukan lagi. Kalimat tersebut apabila dipisah-pisah dan dianalisis
per-kata-nya, adalah sebagai berikut.
«إِنَّ
الصَّلاةَ» إن واسمها «تَنْهى» مضارع فاعله مستتر والجملة خبر إن «عَنِ الْفَحْشاءِ» متعلقان بالفعل «وَالْمُنْكَرِ» معطوف على
الفحشاء
7.
Analisis Munasabah
Dalam
analisis munasabah ini kita akan melihat beberapa ayat sebelum dan sesudah ayat fokus untuk mendapatkan
kandungan makna yang ada dalam fokus ayat ini. Ayat-ayat teersebut adalah
sebagai berikut:
-
فَكُلًّا أَخَذْنَا بِذَنْبِهِ فَمِنْهُمْ مَنْ أَرْسَلْنَا عَلَيْهِ
حَاصِبًا وَمِنْهُمْ مَنْ أَخَذَتْهُ الصَّيْحَةُ وَمِنْهُمْ مَنْ خَسَفْنَا بِهِ
الْأَرْضَ وَمِنْهُمْ مَنْ أَغْرَقْنَا وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيَظْلِمَهُمْ
وَلَكِنْ كَانُوا أَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ (40)
-
مَثَلُ الَّذِينَ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِ اللَّهِ أَوْلِيَاءَ كَمَثَلِ
الْعَنْكَبُوتِ اتَّخَذَتْ بَيْتًا وَإِنَّ أَوْهَنَ الْبُيُوتِ لَبَيْتُ
الْعَنْكَبُوتِ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ(41)
-
إِنَّ اللَّهَ يَعْلَمُ مَا يَدْعُونَ مِنْ دُونِهِ مِنْ شَيْءٍ
وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ (42)
-
وَتِلْكَ الْأَمْثَالُ نَضْرِبُهَا لِلنَّاسِ وَمَا يَعْقِلُهَا
إِلَّا الْعَالِمُونَ(43)
-
خَلَقَ اللَّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِالْحَقِّ إِنَّ فِي
ذَلِكَ لَآيَةً لِلْمُؤْمِنِينَ (44)
-
اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ
إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَلَذِكْرُ اللَّهِ
أَكْبَرُ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ(45)
-
وَلَا تُجَادِلُوا أَهْلَ الْكِتَابِ إِلَّا بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ
إِلَّا الَّذِينَ ظَلَمُوا مِنْهُمْ وَقُولُوا آمَنَّا بِالَّذِي أُنْزِلَ
إِلَيْنَا وَأُنْزِلَ إِلَيْكُمْ وَإِلَهُنَا وَإِلَهُكُمْ وَاحِدٌ وَنَحْنُ لَهُ
مُسْلِمُونَ (46)
-
وَكَذَلِكَ أَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ فَالَّذِينَ
آتَيْنَاهُمُ الْكِتَابَ يُؤْمِنُونَ بِهِ وَمِنْ هَؤُلَاءِ مَنْ يُؤْمِنُ بِهِ
وَمَا يَجْحَدُ بِآيَاتِنَا إِلَّا الْكَافِرُونَ(47(
-
وَمَا كُنْتَ تَتْلُو مِنْ قَبْلِهِ مِنْ كِتَابٍ وَلَا تَخُطُّهُ
بِيَمِينِكَ إِذًا لَارْتَابَ الْمُبْطِلُونَ (48)
-
بَلْ هُوَ آيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا
الْعِلْمَ وَمَا يَجْحَدُ بِآيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُونَ (49)
-
وَقَالُوا لَوْلَا أُنْزِلَ عَلَيْهِ آيَاتٌ مِنْ رَبِّهِ قُلْ
إِنَّمَا الْآيَاتُ عِنْدَ اللَّهِ وَإِنَّمَا أَنَا نَذِيرٌ مُبِينٌ (50)
Dari ayat-ayat tersebut dapat
diperoleh beberapa informasi sebagai berikut:
1.
Ayat pertama menjelaskan tentang adzab
orang-orang yang menentang Allah, Rasulnya, dan apa-apa yang tang diwajibkannya;
2.
Memberikan informasi tentang perumpamaan
orang-orang yang berlindung pada selain Allah, yaitu seperti Laba-Laba yang
mana tempat berlindungnya (rumah) sangat lemah;
3.
Allah mengetahui apa yang mereka seru selain
dia;
4.
Hanya orang-orang ‘Alim (berilmu) lah yang
dapat menerimanya dengan akal;
5.
Allah menciptakan langit dan bumi tidak
Cuma-Cuma, melainkan di balik semua itu terdapat tanda-tanda atau hikmah bagi
orang-orang yang beriman;
6.
Perintah membaca kitab (al-Qur’an) dan mendirikan
shalat. Selain itu juga terdapat informasi bahwa shalat dapat mencegah
perbuatan fahsya’ dan munkar;
7.
Tata cara berdebat dengan orang-orang Ahli
kitab;
8.
Hanya orang-orang kafir yang mengingkari
ayat-ayat Allah;
9.
Informasi bahwa Nabi adalah seorang Ummy;
10.
Al-Qur’an adalah ayat-ayat nyata yang terjaga
dalam hati orang-orang yang berilmu;
11.
Bentuk mu’jizat seperti apa adalah terserah
pada Allah.
Dari beberapa informasi di atas dapat dipahami bahwa shalat disyri’ahkan
memiliki korelasi dengan beberapa hal berikut.
· Shalat merupakan solusi terhadap dari
perbuatan-perbuatan fahsya’ dan munkar. Selain itu shalat juga
merupakan sarana yang tepat dalam mendapatkan perlindungan dari Allah.
·
Sebagai manusia yang memahami terhadap
tanda-tanda (ayat-ayat) dalam penciptaan langit dan bumi ini, hendaknya kita
mendirikan shalat agar tidak termasuk orang-orang kafir.
8.
Penutup
o
Segala puji
bagi Allah yang dengannya tugas dapat terselesaikan juga.
o Shalawat beserta salam semoga
tetap tercurahkan pada Rasulullah SAW. yang
dengan perantaranya saya bisa mengenal al-Qur’an.
Saya senang dengan adanya tugas ini, karena dengan
tugas ini saya bisa mendapatkan banyak ilmu baru, khususnya tentang tafsir.
Selain itu saya juga senang karena dengan adanya tugas ini saya bisa
menghasilkan karya yang sebelumnya belum pernah saya lakukan.
[1]
Muhamad Fuad ‘Abd al-Baqi, al-Mu’jam al-Mufahras li Alfadh al-Qur’an al-Karim (Beirut: Dar al-Fikr, 1992), hlm. 524 - 525
[2]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 524 - 525
[3]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 525
[4]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 525
[5]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 525
[6]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 525
[7]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 891
[8]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 891
[9]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 891
[10]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 891
[11]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 891
[12]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 892
[13]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 892
[14]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 892
[15]
Fuad ‘Abd al-Baqi, “al-Mu’jam”,
hal. 892
0 comments:
Post a Comment